Tugas Dan Fungsi

[trx_content][trx_columns count=”1″ margins=””][trx_column_item]
  1. Dinas merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah di bidang perumahan dan kawasan permukiman yang dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

  2. Dinas mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, dan tugas pembantuan yang diberikan kepada kabupaten di bidang perumahan dan kawasan permukiman.

  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Dinas menyelenggarakan fungsi :

    1.  perumusan kebijakan urusan perumahan dan kawasan permukiman;
    2. pelaksanaan kebijakan urusan perumahan dan kawasan permukiman;

    3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan urusan perumahan dan kawasan permukiman;

    4. pelaksanaan administrasi Dinas; dan

    5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

  4. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman mempunyai kewenangan :

    1. Penyediaan dan rehabilitasi rumah korban bencana kabupaten.

    2. Fasilitasi penyediaan rumah bagi masyarakat yang terkena relokasi program Pemerintah kabupaten.

    3. Penerbitan izin pembangunan dan pengembangan perumahan.

    4. Penerbitan sertifikat kepemilikan bangunan gedung (SKBG).

    5. Penerbitan izin pembangunan dan pengembangan kawasan permukiman.

    6. Penataan dan peningkatan kualitas kawasan permukiman kumuh dengan luas di bawah 10 (sepuluh) ha.

    7. Pencegahan perumahan dan kawasan permukiman kumuh pada kabupaten.

    8. Penyelenggaraan PSU perumahan.

    9. Sertifikasi dan registrasi bagi orang atau badan hukum yang melaksanakan perancangan dan perencanaan rumah serta perencanaan prasarana, sarana dan utilitas umum PSU tingkat kemampuan kecil.

[/trx_column_item][/trx_columns][/trx_content]